Curiculum vitae atau yang lebih akrab ditelinga kita dengan sebutan CV atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup atau juga disebut sebagai resume adalah sebuah deskripsi tertulis tentang biodata diri dari seseorang yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan atau skill yang dimiliki dan lain sebagainya yang digunakan oleh para pencari kerja untuk melengkapi komponen surat lamaran kerja.
Bagi Anda yang selama ini sudah sering melamar pekerjaan, namun sampai saat ini belum ada yang berhasil. Mungkin kesalahannya ada pada curiculum vitae CV yang Anda kirimkan. Karena sekali lagi, CV akan sangat mempengaruhi perusahaan untuk menerima atau tidak Anda pada perusahaannya. Hal ini tentu berpengaruh juga dikarenakan dewasa ini persaingan semakin ketat, siapa yang bisa menjadi yang terbaik, dialah yang pantas untuk diterima. Termasuk juga terbaik dalam hal membuat CV curiculum vitae. Lalu bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar?
Cara Membuat Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
Menyusun sebuah CV sebenarnya sudah banyak dibagikan di Internet, ada banyak juga yang sudah menguraikan bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada Anda agar bisa menyusun sebuah daftar riwayat hidup yang menarik, baik dan benar. namun secara umum, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membuat CV seperti yang akan saya jelaskan berikut ini :
A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Pada bagian ini, cantumkan data diri Anda yang meliputi : nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, Agama, kewarganegaraan, tinggi dan berat badan, status perkawinan, alamat lengkap, No. telepon atau HP serta email.
2. Latar Belakang Pendidikan
Pada bagian ini, silahkan cantumkan latar belakang pendidikan Anda, baik pendidikan formal atau non formal yang pernah Anda ikuti, lengkap dengan jenjang studi, jurusan, tahun masuk dan tahun lulus dan nama lembaganya. Ditulis dengan urutan yang dimulai dari pendidikan formal, baru kemudian pendidikan non formal.
3. Kemampuan
Di bagian ini uraikan secara singkat tentang kemampuan Anda yang berhubungan (relevan) dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalnya Anda melamar kerja di bidang Administrasi, maka jelaskan bahwa Anda memahami administrasi dan biasa bekerja dalam menggunakan komputer. Kemampuan yang Anda tulis tersebut harus benar adanya, jangan mencantumkan kemampuan yang sebenarnya tidak Anda miliki.
4. Pengalaman Kerja
Pada bagian ini, gambarkan secara singkat ke dalam Curriculum Vitae tentang pekerjaan yang sudah pernah Anda kerjakan pada perusahaan sebelumnya, disertai dengan jabatan / posisi, jenis pekerjaan, tugas dan tanggung jawab serta prestasi (jika ada). Dan jangan lupa juga mencantumkan masa kerja / periode kerja, yakni bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri pekerjaan pada posisi tersebut.
5. Pengalaman Organisasi (jika ada)
Di bagian ini silahkan cantumkan pengalaman organisasi yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Namun jika tidak ada yang berhubungan, jangan dicantumkan.
6. Referensi Kerja (jika ada)
Jika diperlukan, cantumkan orang yang bisa dihubungi oleh panitia seleksi lamaran kerja untuk menanyakan perihal penting seputar diri Anda (biasanya nama atasan tempat anda bekerja sebelumnya). Pada bagian ini, Anda harus yakin atau memastikan terlebih dahulu bahwa orang yang namanya Anda cantumkan dalam curiculum vitae tersebut adalah orang yang benar-benar tahu tentang diri Anda serta akan memberikan informasi yang positif tentang Anda. Namun jika Anda ragu orang tersebut apa akan memberikan informasi yang positif tentang diri Anda, maka Anda tidak perlu untuk mencantumkan referensi kerja ini.
7. Pengalaman lain yang menunjang (jika ada)
Dan jika ada, silahkan cantumkan juga pengalaman lain yang menunjang. Namun sebaiknya yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dilamar tersebut. Apabila Anda melamar pada bagian / posisi Tenaga IT (Informasi Teknologi), maka pengalaman Anda sebagai Kepala Desa atau Juara Lompat Karung tentu tidak sangat relevan. Jadi lewati saja jika tidak ada pengalaman yang berhubungan.
B. Kertas & Huruf, Foto dan Dokumen Pendukung Lainnya
1. Gunakan kertas putih polos
Kertas yang digunakan untuk membuat curriculum Vitae yang baik dan benar hendaknya menggunakan kertas polos atau tidak menggunakan dasar bergambar (backgroud image). Dan sebaiknya tidak menggunakan formulir CV yang dijual di toko - toko.
2. Diketik dengan huruf standar surat resmi
Daftar Riwayat Hidup sebaiknya diketik, jangan ditulis tangan. Gunakan jenis huruf dan ukuran yang standar (warna hitam), misalnya font jenis Times New Roman dan Arial.
3. Foto terbaru
Silahkan lampir juga pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6 atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan yang dilamar. Sebaiknya berpakaian resmi dan formal (misalkan jas lengkap dengan dasi).
4. Dokumen pendukung
Jangan lupa lampirkan juga dokumen atau berkas-berkas lain yang dituliskan dalam CV (resume), seperti Fotocopy Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat atau penghargaan dan sebagainya. Supaya dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, alangkah baiknya Anda menyeleksi terlebih dahulu dokumen mana yang paling penting untuk dilampirkan.
NB:
Apabila transkrip nilai Anda tidak bagus, sebaiknya jangan dilampirkan. Karena curriculum vitae atau resume tersebut adalah promosi tentang diri Anda. Namun, jika perusahaan yang sedang merekrut pekerja mensyaratkan / menetapkan untuk melampirkan transkrip nilai, maka Anda harus melampirkannya. Dan sebaliknya, jika transkrip nilai Anda bagus, justru Anda wajib harus melampirkannya.

CURRICULUM VITAE
Data Pribadi
Nama : Arif Munandar
Tempat, Tanggal lahir : Bandung, 24 Januari 1989
Agama : Islam
Alamat rumah : Jln. Waluyo No. 30 Bandung
Nomer Telepon & HP : 08xxxxxxxxxx
Email : arifmunandar89@gmail.com
Riwayat Pendidikan
Pendidikan Formal :
2008 sampai dengan 2012 : Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Bandung
2004 sampai dengan 2008 : SMA Negeri 5 Bandung
2001 sampai dengan 2004 : SLTP Negeri 8 Bandung
1995 sampai dengan 2001 : SD Angkas 1 Bandung
Pendidikan Non Formal :
2007 : Pelatihan Ilmu Komputer dan Web Developer
Riwayat Organisasi
2009 sampai dengan 2010 : Ketua Himpunan Mahasiwa Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi
2005 sampai dengan 2006 : Ketua OSIS di SMA Negeri 5 Bandung
Pengalaman Kerja
Periode 01 April 2013 s/d 30 April 2017 : IT Consultant di PT. Contoh Surat.
Keahlian Komputer
Microsoft Office (MS. Word, MS. Excel, MS. PowerPoint) dan Internet.
Web Developer (HTML, DHTML, CSS, JavaScript, action script, XAML dll JOOMLA, DREAMWEAVER, dll)
Demikian Curriculum Vitae ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat saya,
Arif Munandar, S. Kom
CURRICULUM VITAE
DATA PRIBADI
Nama : Andi Saputra
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jln. Bandara Sultan Iskandar Muda No. 35 Aceh Besar
Tempat, Tanggal Lahir : Aceh Besar, 12 Februari 1990
Status : Belum Menikah
Agama : Islam
Tinggi Badan : 179 CM
Berat Badan : 55 Kg
Phone : 0852 60xx xxxx
E-mail : andisaputra90@gmail.com
Pendidikan Formal
2008 - 2012 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
2005 - 2008 : SMUN 1 Aceh Besar
2002 - 2005 : SLTPN 17 Banda Aceh
Pendidikan Nonformal
2013 Google Analytics Academy
2014 Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
2015 LIA English Course, General English Advanced Class
Pengalaman Kerja
Mei 2015 - Mei 2017 di PT Maju Makmur pada divisi Divisi Interaction sebagai Search Specialist
Pengalaman Organisasi
2009 Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika USM
2008 Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika USM
Kemampuan
Mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Personal Komputer, Windows XP, Java Script, HTML dan C++.
Mengerti SEM (Search Engine Marketing) : Search, Youtube, GDN, Facebook Ads.
Sertifikat
Search Advertising Certificate, Exp : Agustus 2017
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi :
Nama : Amelia Dinda
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 03 Maret 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jln. Senopati No. 22 Jakarta
Telepon : 021 xxxxxxx (rumah) 0812 xxxx xxxx (HP)
Latar belakang Pendidikan :
Formal
2000 - 2007 : SMPN 30 Jakarta
2007 - 2010 : SMKN 28 Jakarta, Jurusan Administrasi Perkantoran
2010 - 2014 : LP3I, Jakarta
Non Formal
2007 - 2008 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta.
2009 - 2010 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP.
Kemampuan :
Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi (Administration). Journal printing & Calculation, Salary Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Inventory Controls dan Petty Cash Payroll & Calculation.
Kemampuan Komputer (MS Word, MS PowerPoint, MS Excel, MS Outlook, MS Access dan Internet).
Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Makmur Jaya Sentosa, Jakarta
Periode : Januari 2015 - Mei 2017
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staff Finance
Deskripsi Pekerjaan :
- Melakukan surat menyurat bisnis;
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok;
- Mengelola kas kecil;
- Mengontrol persediaan peralatan kantor;
- Penggajian (payroll).
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya-benarnya.
Jakarta, 02 Juni 2017
Amelia Dinda
Source : contohsurat123 dot com
0 Response to "Contoh Curriculum Vitae Lamaran Kerja yang Menarik Terbaru & Terlengkap"
Posting Komentar